Visi dan Misi PT Indosat, Tbk
Visi
dan Misi serta Budaya Kerja dalam
PT
Indosat, Tbk
Sejarah Singkat
1967
Indosat didirikan
sebagai perusahaan penanaman modal asing
pertama di Indonesia yang menyediakan
layanan telekomunikasi internasional
melalui satelit internasional.
pertama di Indonesia yang menyediakan
layanan telekomunikasi internasional
melalui satelit internasional.
1980
Indosat berkembang
menjadi perusahaan telekomunikasi
internasional pertama yang dibeli dan dimiliki 100%
oleh Pemerintah Indonesia.
internasional pertama yang dibeli dan dimiliki 100%
oleh Pemerintah Indonesia.
1994
Menjadi perusahaan
publik yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia dan New York Stock Exchange. Pemerintah Indonesia
dan publik masing-masing memiliki 65% saham dan 35% saham.
Indonesia dan New York Stock Exchange. Pemerintah Indonesia
dan publik masing-masing memiliki 65% saham dan 35% saham.
2001
Mengambil alih saham
mayoritas Satelindo, operator selular
dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile
(IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan
multimedia di Indonesia.
dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile
(IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan
multimedia di Indonesia.
2002
Mengambil alih saham
mayoritas Satelindo, operator selular
dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile
(IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan
multimedia di Indonesia.
dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile
(IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan
multimedia di Indonesia.
2003
Bergabung dengan
ketiga anak perusahaan yaitu, Satelindo,
IM3, dan Bimagraha, untuk menjadi operator selular
terkemuka di Indonesia.
IM3, dan Bimagraha, untuk menjadi operator selular
terkemuka di Indonesia.
2006
Meraih lisensi
jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta, Surabaya dan beberapa
kota lainnya
2008
Qtel membeli saham
seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas
Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Selanjutnya Indosat dimiliki oleh Qatar
Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) atas nama Ooredoo Asia Pte. Ltd. (dahulu Qtel Asia
Pte. Ltd. (65%), pemerintah Indonesia (14,29%) dan publik (20,71%). Indosat
memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementerian Komunikasi dan
Informatika, dan anak perusahaan, IM2, memenangkan tender untuk lisensi WiMAX
yang diadakan pemerintah.
2009
Mendapatkan 2nd
carrier 3G pada pita 2100MHz
2010
Memulai transformasi
menyeluruh untuk menjadi
perusahaan yang lebih fokus dan efisien melalui
restrukturisasi organisasi, modernisasi dan ekpsi
jaringan selular, dan inisiatif-inisiatif mencapai
keunggulan operasional.
perusahaan yang lebih fokus dan efisien melalui
restrukturisasi organisasi, modernisasi dan ekpsi
jaringan selular, dan inisiatif-inisiatif mencapai
keunggulan operasional.
2012
Momentum untuk maju
sebagai organisasi berfokus
pada pelanggan yang mencapai 58,5 juta pelanggan
didukung oleh peningkatan jaringan serta inovasi
produk yang berkelanjutan.
pada pelanggan yang mencapai 58,5 juta pelanggan
didukung oleh peningkatan jaringan serta inovasi
produk yang berkelanjutan.
2013
Komersialisasi
jaringan 3G Indosat di
frekuensi 900MHz.
frekuensi 900MHz.
2014
Peluncuran dan
komersialisasi layanan 4G di 900 Mhz
dengan kecepatan hingga 42 Mbps di beberapa
kota besar di Indonesia.
dengan kecepatan hingga 42 Mbps di beberapa
kota besar di Indonesia.
2015
Indosat resmi
berganti nama menjadi
Indosat Ooredoo.
Indosat Ooredoo.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi Perusahaan
Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia
Misi
Layanan dan Produk yang Membebaskan
Jaringan Data yang Unggul
Memperlakukan Pelanggan Sebagai Sahabat
Transformasi Digital
Layanan dan Produk yang Membebaskan
Jaringan Data yang Unggul
Memperlakukan Pelanggan Sebagai Sahabat
Transformasi Digital
Penerapan
Visi dan Misi
Indosat mendefinisikan tujuan yang hendak diraih
yang tertuang dalam visi perusahaan sebagai berikut:
Mempertahankan kepemimpinan pasar dalam jasa
telekomunikasi internasional di Indonesia
Dengan masuknya pemain baru seiring berakhirnya monopoli sebagai penyedia jasa
telekomunikasi internasional, Indosat harus berjuang untuk memimpin pasar
dengan:
1) mempertahankan
pangsa pasar dominan, dan
2) menyediakan
jasa yang terbaik, baik dalam kualitas dan jangkauan produk dan jasa.
Memperkuat posisinya sebagai perusahaan
telekomunikasi berkelas dunia
Adanya kecendrungan di sektor telekomunikasi menuju swastanisasi perusahaan
negara dan dibukanya pasar dunia, yang mengakibatkan masuknya pemain asing
dalam industri domestik, menuntut Indosat untuk dapat bersaing dengan
perusahaan multinasional. Dengan strategi untuk memasuki pasar global
diharapkan dapat:
1) meningkatkan
nilai perusahaan melalui ekspansi bisnis , dan
2) meningkatkan
citra perusahaan yang memperkuat posisinya di Indonesia.
Menjadi pemain global dalam industri telekomunikasi
dunia
Dalam rangka mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dan menjadi pemain
global, Indosat menaikkan standard sesuai dengan standard yang digunakan oleh
perusahaan telekomunikasi multinasional, sebagai operator telekomunikasi
global.
BUDAYA KERJA
PT. Indosat,
Tbk memiliki budaya bekerja yang memungkinkan karyawan lebih produktif dan
menyenangkan dalam bekerja. Indosat berupaya menciptakan lingkungan kerja yang
positif bagi seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan di
mana karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka dan saat bersamaan juga didorong
memberikan kemampuan terbaik mereka. Kebijakan dilarang merokok diberlakukan di
semua area kantor.
·
Karyawan Indosat disediakan ruang kerja
yang nyaman, aman dan sehat untuk melakukan pekerjaannya. Kebijakan dilarang
merokok diberlakukan di semua area kantor, sementara bangunan kantor dilengkapi
dengan fasilitas seperti kantin, mushola, ruang menyusui, perpustakaan, klinik,
dan fasilitas olahraga.
·
Dengan jumlah jam kerja yang telah
ditetapkan perusahaan, karyawan memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan
jadwal masuk dan pulang kerja sesuai beban kerja masing-masing atau untuk
mengakomodasi keperluan penting di luar kerja. Demikian pula, aturan berpakaian
yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk berpakaian formal atau santai sesuai
dengan waktu kerja atau tuntutan pekerjaan mereka.
·
Indosat mendorong karyawan untuk
menyeimbangkan kerja dengan kehidupan sosial dalam lingkungan kantor. Pertemuan
karyawan yang disponsori oleh perusahaan, di samping berbagai acara kesenian
dan olahraga, adalah beberapa cara untuk mempererat ikatan di antara karyawan
di luar hubungan kerja formal.
·
Di tahun 2010, Indosat tengah
menjalankan program Transformasi, yang mulai memperlihatkan hasil, antara lain
melalui peningkatan nyata produktivitas karyawan tahun 2010 dibandingkan dengan
tahun sebelumnya, yang diukur dari total pendapatan per jumlah karyawan, yakni
sebesar 11,96%.
·
Produktivitas kerja juga terkait erat
dengan kesejahteraan karyawan, yaitu ukuran kepuasan karyawan bahwa dengan
menjalankan pekerjaan dengan baik, berarti mereka melakukannya untuk
kesejahteraan mereka sendiri termasuk kesejahteraan anggota keluarga.
·
Remunerasi yang adil yang dikaitkan
dengan kinerja perorangan dan kinerja perusahaan. Indosat menanamkan budaya
kerja berbasis kinerja dengan menggunakan sistem Manajemen Kinerja Karyawan
yang mengkaitkan kompensasi keuangan dengan performansi kerja aktual
berdasarkan target Key Performance Indicator. Dari waktu ke waktu,
kami juga mengadakan survei gaji secara independen dengan
perbandingan sesama perusahaan di industri yang sama dan di beberapa sektor
serupa. Hal ini memberikan dasar untuk penyesuaian struktur gaji yang dilakukan
secara berkala, untuk memastikan bahwa kami tetap merupakan salah satu
perusahaan sebagai pilihan tempat berkarir di Indonesia.
·
Tunjangan kesehatan dan skema
perlindungan sosial. Karyawan berhak atas pemeriksaan kesehatan rutin yang
komprehensif, sedangkan fasilitas klinik medis dan gigi gratis disediakan untuk
karyawan dan anggota keluarga mereka di gedung kantor kami atau melalui
kerjasama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan. Di samping itu,
perlindungan asuransi meliputi biaya rawat inap termasuk operasi, melahirkan,
pemeriksaaan laboratorium, dan fisioterapi. Karyawan tetap juga secara otomatis
terdaftar dalam program dana pensiun yang disponsori oleh perusahaan.
·
Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan di
Indonesia, karyawan mendapatkan cuti tahunan serta cuti khusus seperti cuti
yang terkait dengan musibah dan cuti mutasi kerja.
·
Indosat mendirikan Koperasi Karyawan,
yang menyediakan berbagai manfaat untuk anggotanya seperti pinjaman lunak untuk
tujuan konsumtif.
AKTUALISASI
INDOSAT
· Sukses
Mempertahankan Laba Bersih dan Naik menjadi sebesar Rp1,1 Trilliun. ‘The new
rising star’ B2B Tumbuh Hampir 10%
PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) berhasil membukukan
pertumbuhan kuat dan positif selama tahun 2017, memantapkan posisinya sebagai
operator telekomunikasi kedua terbesar di Indonesia. Selama tiga tahun
berturut-turut Indosat Ooredoo telah berhasil membukukan pertumbuhan positif
yang menggembirakan, dimana tahun ini berhasil mencatatkan pertumbuhan laba
bersih sebesar Rp1,1 triliun atau naik sebesar 2,8%.
Melanjutkan pertumbuhan pendapatan yang baik di
tahun 2016, di tahun 2017 Indosat Ooredoo menunjukan pertumbuhan pendapatan
yang semakin sehat dan stabil sebesar 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun
sebelumnya. Perusahaan telah mengantisipasi kenaikan ini sesuai dengan
pertumbuhan Industri dan performa perusahaan yang sangat baik sejak tahun 2016.
Pada tahun ini, perusahaan juga membukukan pendapatan konsolidasian perusahaan
sebesar Rp29,9 triliun, utamanya didukung oleh pertumbuhan pendapatan segmen
B2B atau MIDI hampir 10% dan seluler sebesar 1,7%. Hal ini menunjukan
konsistensi perusahaan yang fokus pada strateginya dan keberhasilan menjalankan
program transformasi operasional dan organisasi selama 2017.
KESIMPULAN
§ Indosat
adalah perusahaan yang meyediakan jasa seluler, MIDI, dan telekomunikasi yang
berfokus kepada pelanggan dalam berbagai hal, dari penawaran produk, hingga
peningkatan kualitas jaringan dan standar pelayanan.
§ Indosat
banyak bekerjasama dengan dealer yang saling menuntungkan. Hal ini bertujuan
untuk menunjang kemajuan Indosat dalam berbagai bidang.
§ Indosat
membantu para pemasok lokal untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa mereka
melalui hubungan kemitraan dan sistem e-procurement yang efisien.
§ Indosat
berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat jangka panjang melalui
program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang bermanfaat bagi
bangsa Indonesia dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pemulihan pasca
bencana.
§ Indosat
selalu memotivasi karyawan melalui bimbingan karir, pengembangan, pelatihan
berkelanjutan, remunerasi, keunggulan kompetitif, dan lingkungan sehat dan
terbuka yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.
§ Hasil
dari kerja Indosat adalah peningkatan pendapatan, stabilitas dan pertumbuhan
dalam segala bidang, pencapaian jumlah pelanggan, dan pengokohan posisi Indosat
di Indonesia sebagai penyedia jasa telekomunikasi peringkat kedua.
Sumber :

Komentar
Posting Komentar