Nilai Nilai yang Terdapat pada PT Indosat, Tbk
Nilai-Nilai yang Ada
di PT Indosat, Tbk
·
Terpercaya
Berpikir positif,
konsisten dalam perkataan dan perbuatan yang terpuji serta dapat diandalkan.
·
Tekad menjadi yang terbaik
Semangat mencapai
keunggulan dengan melakukan perbaikan dan penyempurnaan berkesinambungan.
·
Cepat
Sigap dalam memecahkan
masalah, mengambil keputusan, bertindak dan beradaptasi.
·
Berjiwa muda
Enerjik, dinamis, dan
berani menjadi penggerak perubahan.
·
Peduli
Menunjukkan perhatian,
menghargai, serta melayani sepenuh hati
1. Nilai Kepercayaan
dan harapan
· Kepercayaan
1.
Manajemen Bakat &
Kinerja
Berdasarkan
tujuan Perusahaan, Indikator Kunci Kerja (IKK) diturunkan (cascaded) ke tingkat
perorangan untuk menyelaraskan kinerja individu dengan strategi Perusahaan.
Pekerjaan terus berjalan di 2014 seiring pembangunan persediaan kandidat
berbakat internal (talent bank) termasuk menangani rencana suksesi (succession
plan) dan menetapkan Service Level Agreement untuk SDM.
Tingkat
remunerasi juga ditangani, termasuk kebijakan relokasi, sebagai bagian dari
upaya kami untuk menarik dan mendapatkan orang–orang terbaik di industri.
Mendukung manajemen kinerja, peningkatan sistem SAP yang baru yang kini
digunakan telah menghubungkan Manajemen Kinerja dan Manajemen Bakat secara
terpadu.
Terakhir, telah
direkrut tenaga profesional berpengalaman dari beragam latar belakang untuk
menjalankan unit bisnis Digital yang baru. Diharapkan bahwa jaringan dan
perspektif holistic yang dimiliki akan mendukung perkembangan bisnis digital
serta integrasi konten digital di produk Indosat yang ada.
2.
Komunikasi Manajemen
& Karyawan Manajemen
secara proaktif
mengadakan komunikasi dengan karyawan melalui berbagai saluran, baik formal
maupun informal, untuk menyampaikan tujuan Perusahaan, membangun kesepakatan,
dan mendapatkan masukan. Saluran komunikasi mencakup antara lain forum diskusi
terbuka antara manajemen puncak dan karyawan dalam rapat town hall, kunjungan–
kunjungan oleh Direksi ke cabang–cabang dan lokasi–lokasi pekerjaan, pertemuan
sosial dengan CEO, dan komunikasi rutin dengan wakil–wakil Serikat Pekerja
Indosat (SPI). Selain itu, Indosat menggunakan saluran komunikasi tidak
langsung seperti intranet Perusahaan dan kelompok e– mail dan juga pengumuman
visual berupa poster di lingkungan kerja. Dengan mempertahankan komunikasi dua
arah yang efektif, Indosat meningkatkan keterlibatan karyawan dan menjadikan
Perusahaan lebih lincah bergerak.
Sepanjang 2014,
sejumlah upaya dilaksanakan untuk meningkatkan komunikasi antara karyawan dan
manajemen. Antara lain manajemen senior, termasuk Direksi, sering melakukan
kunjungan ke cabang untuk memperoleh umpan balik dari lapangan dan memberikan
semangat kepada karyawan regional. Seiring dengan upaya ini, acara–acara
terstruktur seperti rapat townhall diadakan dalam suasana yang lebih informal
untuk menciptakan suasana santai yang kondusif bagi diskusi.
Inisiatif–inisiatif
ini membantu dalam mengkomunikasikan informasi, membangun kesadaran, dan
mendapatkan dukungan dari karyawan. Selain itu, pergeseran suasana menjadi
lebih terbuka dan informal telah menolong menstimulasi umpan balik dan ide–ide
untuk pelaksanaan yang lebih baik khususnya dalam inisiatif–inisiatif
komersial, dan juga meningkatkan kepuasan di lingkungan kerja.
Pemberi Kerja yang Teladan
Kami percaya
bahwa lingkungan kerja yang positif dan membuat karyawan senang datang bekerja
berperan penting dalam mewujudkan potensi mereka. Karena itu, Indosat selalu
berusaha menjadi tempat kerja terbaik bagi karyawan dengan menyediakan
lingkungan kerja positif dan dengan memastikan kesejahteraan karyawan dan
anggota keluarga mereka. Selain gaji bulanan, karyawan juga menerima manfaat
seperti tunjangan telepon, manfaat layanan kesehatan, bonus tahunan sebagai
insentif, dan berbagai fasilitas dan penghargaan. Indosat juga meningkatkan
manfaat asuransi kesehatan yang didanai oleh Perusahaan. Manfaat tersebut tidak
hanya meliputi paket yang bersaing, tetapi juga menyediakan pelayanan terbaik
dari asuransi kesehatan pada banyak rumah sakit di Indonesia. Sasarannya adalah
membuat karyawan dapat mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang baik antara
tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan relasi sosial antar karyawan.
Untuk mencapai
hal itu, sejauh mungkin lingkungan kerja dirancang untuk menciptakan pengalaman
kerja yang menyenangkan. Sebagai contoh, karyawan boleh bekerja dengan jadwal
jam masuk dan jam pulang kerja yang fleksibel sepanjang mereka dapat memenuhi
tugas dan beban kerja. Demikian juga, peraturan mengenai pakaian kerja karyawan
adalah fleksibel; mereka dapat berpakaian formal atau santai sesuai dengan
peran, fungsi atau jabatan masing–masing tinjauan usaha
Di beberapa
lokasi, Indosat menyediakan perpustakaan, klinik layanan kesehatan, kantin, dan
ruang menyusui bagi karyawan. Perusahaan juga mendukung karyawan melaksanakan
kewajiban agama, termasuk hari–hari besar agama. Lebih jauh lagi, Perusahaan
secara aktif mendorong kegiatan ekstrakurikuler bagi karyawan, khususnya olah
raga, sebagai kegiatan team–building yang sehat, dimana Perusahaan mendanai
sejumlah tim olah raga yang dibentuk karyawan.
Selama tahun
2014, Indosat secara sukses telah mencapai 300 perpindahan karyawan melalui
penawaran pekerjaan internal (Internal Job Offering) yang terbuka untuk seluruh
karyawan. Sementara itu, kami senantiasa menantang diri untuk memiliki hubungan
baik dengan kandidat eksternal dengan menggunakan sistem pelacakan Sniperhire
yang terintegrasi dengan halaman karir Indosat sebagai sumber data; SDM
berkomitmen untuk meningkatkan peringkat pemberi kerja yang teladan di manapun
Perusahaan beroperasi. Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L)
Indosat memiliki komitmen untuk menerapkan budaya yang mempromosikan Kesehatan,
Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L), sesuai dengan program pemerintah untuk
membangun budaya K3L nasional pada tahun 2015. Indosat telah merumuskan
kebijakan K3L yang resmi ditandatangani oleh Direktur Utama & CEO, yang
menjabarkan komitmen Perusahaan untuk mengurangi kecelakaan di lingkungan
kerja, mengurangi dan mencegah polusi lingkungan hidup, menghemat energi,
mematuhi hukum dan terus menerus melakukan perbaikan terhadap sistem manajemen
K3L. Mencerminkan komitmennya terhadap membangun budaya K3L, Indosat dalam
proses sertifikasi OHSAS 18001 terkait sistem manajemen K3L. Perusahaan
selanjutnya memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi karyawan dan
keluarganya.
Manfaat–manfaat
kesejahteraan karyawan yang diberikan antara lain:
1. Fasilitas
Perawatan dan Layanan Medis, terdiri dari:
a. Rawat Jalan
b. Rawat Inap
(termasuk rawat inap untuk bersalin)
c. Kesehatan dan
Perawatan Gigi
d. Kaca Mata
e. General Check
Up
2. Berbagai
fasilitas olah raga.
3. Santunan
Pernikahan bagi Karyawan
4. Santunan
Kedukaan dan Pemakaman
5. Santunan
Bencana Alam
6. Penghargaan
atas masa kerja dan dedikasi bagi Perseroan atau masyarakat sekitar
7. Koperasi
Karyawan PT Indosat Tbk (Kopindosat) yang beranggotakan seluruh karyawan.
Perseroan menyediakan bantuan bagi kelancaran operasional Kopindosat.
8. Ketentuan program
dan manfaat pensiun bagi karyawan yang menerima fasilitas pendanaan penuh dari
Perusahaan sebagaimana diatur dalam ketentuan– ketentuan perjanjian antara
Perseroan dengan pengelola program pensiun (BPJS).
9. Jaminan
sosial bagi karyawan (BPJS) dengan iuran dibayarkan oleh Perusahaan.
· Harapan
Meraih keunggulan data
Kami
terus didorong oleh peluang pertumbuhan di dalam negeri ini dan tetap
berkomitmen untuk membantu memastikan Indosat memiliki perangkat guna
memberikan layanan mutakhir dan pengalaman superior bagi para pelanggan. Tentu
saja, data menjadi area inti fokus di sini. Indonesia telah mulai meningkatkan
konsumsi datanya, mempercepat pengembangan gaya hidup digital masyarakat secara
keseluruhan.
Indosat terus berupaya menjadi faktor
pendorong dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia. Sebagai bagian
dari pekerjaan ini dan untuk melayani peningkatan permintaan data mobile di
Indonesia, Indosat telah menjalin kemitraan dan memperkuat penawaran digitalnya
kepada para konsumen dan pelanggan bisnis. Pada tahun 2014, upaya tersebut
mencakup solusi tagihan inovatif dengan Google Play™, layanan Identitas Digital
dengan Koneksi Mobile GSMA, dan untuk pertama kali kemitraan konten Piala Dunia
FIFA dengan Twitter.
Inovasi melalui pertumbuhan
Guna
memenuhi kebutuhan digital pelanggan, kami mendukung pertumbuhan permintaan
layanan data dan menyediakan pengalaman jaringan terbaik, di mana kami telah
berinvestasi sebagai upaya peningkatan jaringan pada beberapa tahun terakhir
ini. Sekarang, dengan bangga kami menawarkan layanan LTE tercepat. Kami sangat
senang dan berterima kasih atas kerja keras dan pengabdian tim kami, sehingga
program modernisasi jaringan hampir selesai seluruhnya.
Investasi ini telah meningkatkan kualitas
konektivitas bagi para pelanggan, artinya layanan kami dapat mengimbangi
kecepatan surfing mobile yang semakin cepat. Ketersediaan infrastruktur yang
baru ini meningkatkan komunikasi dan memungkinkan pelanggan melakukan
tugas–tugas dengan cara baru. Kecepatan yang lebih cepat dan layanan data yang
stabil memberi dukungan yang lebih baik terhadap kegiatan komunikasi,
transaksi, dan transfer informasi.
Memanfaatkan pilar dukungan
Memberikan
kembali untuk masyarakat tetap menjadi niat Indosat dan Perusahaan induk kami,
Ooredoo. Bersama–sama kami berinvestasi di masyarakat tempat kami beroperasi:
menjangkau masyarakat yang tak terlayani; melatih dan mengembangkan bakat
terbaik generasi muda setempat; serta meningkatkan teknologi mobile sebagai
kontribusi terhadap pembangunan sosial. Kami yakin, kami memiliki tanggung
jawab untuk mendukung pengenalan digital bagi semua dan mendorong perkembangan
manusia. Saya sangat senang dapat berbagi tinjauan singkat mengenai beberapa
pekerjaan kami tahun ini untuk mendukung perkembangan manusia dan membawa
kekuatan teknologi kepada masyarakat yang tidak terlayani di negeri ini. Hal
tersebut termasuk kemitraan kami dengan Yayasan Messi dalam memberikan layanan
kesehatan gratis di seluruh Indonesia untuk masyarakat yang kurang beruntung.
Tahun
lalu, kemitraan ini memampukan kami meningkatkan layanan yang kami berikan
melalui klinik kesehatan mobile. Pada awal tahun ini klinik tersebut meluaskan
dukungan mereka dengan menjangkau 11 wilayah yang terkena bencana banjir paling
parah di Indonesia. Pekerjaan kami tahun ini juga mencakup berdirinya inkubator
digital kami sendiri, Ideabox, untuk membantu mendukung mitra kami para
wirausahawan Indonesia dan mengembangkan program INSPERA yang berfokus pada
kaum perempuan, sebuah inisiatif yang berupaya memberdayakan ‘perempuan
pengusaha’ di pedesaan dengan meningkatkan akses mereka terhadap layanan ICT
dan teknologi mobile. Menawarkan layanan LTE tercepat.
Memperkokoh keyakinan melalui komitmen
Mewakili
rekan–rekan saya di jajaran Dewan Komisaris dan Direksi, saya juga ingin
menggunakan saat yang tepat ini untuk berterima kasih kepada para pemegang
saham kami atas dukungan mereka yang berkelanjutan. Keberhasilan usaha ini
terletak pada kekuatan semua pemangku kepentingan. Itulah keyakinan yang
melekat, yang memampukan kami untuk terus meraih yang terbaik dari kami di
Indosat. Hal ini, tentu saja, termasuk para karyawan kami. Saya ingin memakai
kesempatan ini untuk berbagi penghargaan tulus kami atas semua yang telah
dilakukan setiap karyawan Indosat dalam satu tahun yang lalu.
Kerja
keras, semangat, dan komitmen mereka untuk meraih keunggulan telah membantu
transisi ke tempat di mana kami berada sekarang. Kami juga berkomitmen
mendukung visi yang jelas dari Pemerintah Indonesia. Sektor telekomunikasi
Indonesia merupakan landasan pembangunan nasional di negeri ini dan pendorong
utama cita–cita pertumbuhan yang dicanangkan Pemerintah. Kami berharap dapat
terus bekerja sama dengan Pemerintah dan mendukung Pemerintah dalam bekerja
mencapai cita–cita pertumbuhan ini, dan akhirnya potensi penuh negeri ini.
Menatap ke depan
Pada
awal tahun ini, kami telah menyetujui beberapa perubahan pada Dewan Komisaris
Indosat. H.E. Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al–Thani mengundurkan diri
dari jabatan Komisaris Utama Indosat. Selain itu, Rachmat Gobel mengundurkan
diri sebagai Komisaris Perusahaan, karena pengangkatannya sebagai Menteri
Perdagangan Republik Indonesia; dan Rudiantara mengundurkan diri sebagai
Komisaris Independen Perusahaan, terkait pengangkatannya sebagai Menteri
Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Perusahaan juga mengumumkan
pengunduran diri Rionald Silaban sebagai Komisaris, karena pengangkatannya
sebagai Direktur Eksekutif di Grup Bank Dunia, demikian pula pengunduran diri
Soeprapto dari jabatannya sebagai Komisaris Independen.
2.
Mengenai Kegelisahan dan Tanggung Jawab
Kerja
Keuangan
Indosat masih belum membaik di kuartal ketiga 2013 ini. Setelah rugi Rp 231,2
miliar di semester pertama, kinerja operator ini pun terus memburuk dengan
kerugian membengkak jadi Rp 1,766 triliun.
Dari keterangan pers yang dikutip detikINET, Jumat (1/11/2013), kondisi rugi Rp 1,766 triliun ini berbanding terbalik dengan kondisi di periode sama tahun lalu yang masih mampu mencatat keuntungan Rp 475,7 miliar.
Pemicu utama kerugian yang dalam hingga triwulan ketiga 2013 adalah selisih kurs dimana pada periode tersebut sebesar Rp 2,312 triliun melesat 260,2% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 641,9 miliar.
Tak hanya kerugian yang diderita, laba usaha Indosat juga turun 44,4% hingga triwulan ketiga 2013 yakni sebesar Rp 1,52 triliun dari posisi Rp 2,73 triliun di periode sama tahun lalu.
Anak usaha Ooredoo ini hingga triwulan ketiga 2013 berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp 17,79 triliun atau naik 9,4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 16,27 triliun.
Pemasok utama pendapatan Indosat adalah jasa seluler sebesar Rp 14,4 triliun, naik 7,6% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 13,4 triliun.
Jumlah pelanggan selular yang dimiliki Indosat hingga triwulan ketiga 2013 sebesar 53,8 juta nomor yang dilayani 23.207 BTS dengan average revenue per user (ARPU) Rp 27,5 ribu.
Sedangkan jasa non selular menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,3 triliun atau naik 17,7% dibandingkan peridoe sama tahun lalu sebesar Rp 2,8 triliun.
Selama sembilan bulan 2013 Indosat memiliki Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) sebesar Rp 7,9 triliun atau naik 3,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 7,6 triliun.
Sementara EBITDA margin di posisi 44,8% atau turun 2,3% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 47,1%
Dari keterangan pers yang dikutip detikINET, Jumat (1/11/2013), kondisi rugi Rp 1,766 triliun ini berbanding terbalik dengan kondisi di periode sama tahun lalu yang masih mampu mencatat keuntungan Rp 475,7 miliar.
Pemicu utama kerugian yang dalam hingga triwulan ketiga 2013 adalah selisih kurs dimana pada periode tersebut sebesar Rp 2,312 triliun melesat 260,2% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 641,9 miliar.
Tak hanya kerugian yang diderita, laba usaha Indosat juga turun 44,4% hingga triwulan ketiga 2013 yakni sebesar Rp 1,52 triliun dari posisi Rp 2,73 triliun di periode sama tahun lalu.
Anak usaha Ooredoo ini hingga triwulan ketiga 2013 berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp 17,79 triliun atau naik 9,4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 16,27 triliun.
Pemasok utama pendapatan Indosat adalah jasa seluler sebesar Rp 14,4 triliun, naik 7,6% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 13,4 triliun.
Jumlah pelanggan selular yang dimiliki Indosat hingga triwulan ketiga 2013 sebesar 53,8 juta nomor yang dilayani 23.207 BTS dengan average revenue per user (ARPU) Rp 27,5 ribu.
Sedangkan jasa non selular menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,3 triliun atau naik 17,7% dibandingkan peridoe sama tahun lalu sebesar Rp 2,8 triliun.
Selama sembilan bulan 2013 Indosat memiliki Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) sebesar Rp 7,9 triliun atau naik 3,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 7,6 triliun.
Sementara EBITDA margin di posisi 44,8% atau turun 2,3% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 47,1%
3. Cita – Cita dan kebijakan
Indonesia telah
berkembang menjadi sebuah bangsa digital dan kami di Indosat Ooredoo
mendigitalisasi segala sesuatu, dimulai dari rumah, tempat bekerja begitu pula
kehidupan sosial. Bagi kami, digital menjadi bagian yang tak terpisahkan dari
setiap kehidupan di Indonesia. Itulah mengapa kami berupaya membangun
perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia.
Teknologi digital
tentu dapat membantu kemajuan hidup banyak orang. Kami membayangkan sebuah
dunia digital yang mudah diakses, terjangkau, dan dapat dinikmati semua orang.
Kami berkomitmen
untuk membuat teknologi ini dapat diakses oleh semua orang dan setiap bisnis,
baik dari masyarakat yang berada di kota besar hingga yang tinggal di
daerah-daerah di Indonesia. Indosat Ooredoo siap membantu setiap warga
Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan bergabung dalam dunia
digital yang luas.
Indosat Ooredoo
menawarkan produk dan jasa yang menawarkan kemudahan, akses ke dunia digital
yang lebih baik, serta terjangkau. Kami ingin membantu orang berbagi lebih,
menghubungkan lebih dan akses yang lebih. Melalui layanan 4Gplus kami akan
terus berkontribusi memajukan Indonesia sebagai bangsa digital dan kami bangga
menjadi bagian dari itu.
Kami ingin
menawarkan pengalaman digital terbaik yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.
Hal ini kami wujudkan dengan modernisasi jaringan yang kami lakukan selama dua
tahun terakhir dan menjadikan jaringan Indosat Ooredoo adalah jaringan untuk
penggunaan layanan data yang paling kuat di Indonesia.
Pengalaman
penggunaan layanan kami oleh Anda adalah yang paling penting. Kami memastikan
bahwa pelanggan harus selalu menerima pengalaman layanan terbaik. Bagi kami,
pelanggan adalah sahabat.
Kami pun telah
menggandakan gerai layanan kami di seluruh Indonesia agar lebih dekat dengan
pelanggan. Serta mulai hari ini semua staf kami adalah ahli dunia digital yang
siap membantu Anda mendapatkan pengalaman yang terbaik.
Ini adalah
semangat yang mendorong perjalanan Indosat Ooredoo untuk menjadi perusahaan
telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia. Memberikan pengalaman digital
terbaik yang harus dimiliki setiap masyarakat Indonesia
Dengan Ooredoo,
kami lebih kuat. Kami memiliki merek baru, muda dan membantu kami lebih dekat
dengan pelanggan.
Merupakan
kebanggaan menjadi merek lokal yang memiliki dukungan penuh dan teknologi kelas
dunia.
4. Keadilan dan Kejujuran
Berpikir positif,
konsisten dalam perkataan dan perbuatan yang terpuji serta dapat diandalkan.
5. Profesionalitas
Dengan
melibatkan seluruh karyawan Perseroan, Indosat telah menetapkan nilai-nilai
perusahaan yang baru, INSAN GEMILANG yang merangkum nilai-nilai Integritas,
kerjaSAma, KeunNGulan, keMitraan, dan fokus pada pelanggan.
INSAN
GEMILANG menjelaskan budaya perusahaan yang harus dibangun untuk menghadapi
persaingan yang semakin ketat. Nilai- 10 nilai “Insan Gemilang” menjadi
tuntutan sekaligus patokan tatanan perilaku keseharian PT Indosat.
1.
INtegritas Itikad untuk melakukan pekerjaan dengan menjunjung tinggi etika bagi
kepentingan perusahaan, pemegang saham. karyawan, pelanggan, pemerintah dan
masyarakat serta bertindak berdasarkan kebijakan dan pedoman.
2.
KerjasSAma Berdasarkan komitmen, kepercayaan, keterbukaan, saling membantu dan
menghargai serta berpartisipasi aktif dalam memberikan kontribusi dan dukungan
bagi kepentingan perusahaan.
3.
KeuNGgulan Terwujud dalam nilai dan usaha untuk melebihi standar yang
diharapkan dengan cara terus menerus mengembangkan kemampuan.
4.
KEMItraan Dibangun dengan pihak-pihak yang terkait atas dasar saling
membutuhkan dan saling percaya untuk kepentingan bersama.
5.
Fokus pada peLANGgan Baik internal maupun eksternal dengan jalan memahami dan
memenuhi kebutuhan melebihi yang diharapkan merupakan keutamaan serius Indosat.
6. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
1.
Women Empowerment
Sejak 2012, inisiatif INSPERA Indosat
Ooredoo berfokus pada pemberdayaan 'womenpreneurs' di wilayah pedesaan
Indonesia, dengan menawarkan pelatihan fungsional melalui penggunaan teknologi
mobile sambil memberikan bimbingan dan modal kerja. INSPERA juga mengajari para
perempuan Indonesia tentang kemahiran dan kemandirian dalam berbisnis.
Indosat Ooredoo telah berkomitmen
untuk meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung ke mobile internet di Indonesia
dari 40% menjadi 43% pada tahun 2020 (lebih dari 7 juta perempuan).
Woman Masterclass
INSPERA tahun ini
semakin memperluas strateginya melalui serangkaian masterclass pelatihan
profesional, serta talk show yang dipimpin oleh pendiri perempuan dan pejabat
pemerintah, di mana sesi ini memperdalam isu-isu yang berkaitan dengan era
digital Indonesia, membahas solusi teknologi dan peran perempuan Indonesia dan
pengusaha mikro.
Semua masterclass
mengajarkan peserta untuk mencari peluang yang ditawarkan oleh teknologi dan
dunia digital. Inisiatif ini membantu perempuan meningkatkan kualitas hidup
mereka, mencapai impian mereka, dan memastikan bahwa mereka tidak tertinggal
dalam mencapai tujuan bangsa Indonesia yang berambisi untuk menjadi bangsa
digital terkemuka.
Topik masterclass
termasuk
·
Parenting in digital era
·
Digital safety & security for women and family
·
Women in digital economy
·
Commercial product photography
·
Leadership & public speaking
·
Coding Class
·
E commerce & financial inclusion
·
Digital executive women
Purna TKI
Bekerjasama dengan
Kementerian Ketenagakerjaan, Indosat Ooredoo membuat program pemberdayaan
khusus yang difokuskan pada peningkatan keterampilan para perempuan purna TKI.
Program ini membekali para perempuan purna TKI agar dapat lebih berkulitas
dalam bekerja dan mempunyai tujuan untuk meningkatkan keterampilan
kewirausahaan mereka agar lebih mandiri di negara asal tanpa perlu bekerja di
luar negeri. Program ini juga untuk meningkatkan daya saing mereka serta
mencegah perdagangan manusia.
Program
pemberdayaan bagi para perempuan purna TKI telah berhasil menargetkan 60
perempuan di tiga komunitas berisiko tinggi. Para perempuan telah memperoleh
keterampilan nyata yang akan memberdayakan dan memungkinkan mereka untuk
mencari nafkah di era digital dan menghasilkan penghasilan tambahan bagi
keluarga mereka di masa depan.
Program ini
mengatasi segala hambatan yang dapat mencegah perempuan dalam mengakses
pendanaan, mengajarkan mereka untuk menggunakan internet dan solusi digital
lainnya yang dapat memperluas jangkauan, pengeahuan, dan peluang mereka.
Serangkaian
program dilakukan seperti pelatihan dan bimbingan, menggelar promosi bisnis dan
kegiatan pemasaran berbasis digital, fasilitas teknologi informasi, dukungan
e-commerce, fasilitas bisnis, dan pengembangan sumber daya manusia untuk
membantu para pekerja perempuan purna TKI yang kurang terlayani.
2.
Education & Innovation
Mengambil peran aktif dalam mendorong
pemanfaatan teknologi digital secara positif sedini mungkin. Indosat Ooredoo
mengadakan kelas coding pembuatan aplikasi dan games sepanjang tahun 2016 bagi
anak usia SD dan SMP. Kelas coding ini dilaksanakan di lokasi kantor-kantor
Indosat Ooredoo yang ada di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya. Sampai
dengan akhir tahun, ratusan anak-anak sudah mengikuti program ini dan berhasil
membuat games dan aplikasi mobile sederhana.
Satu dekade dari
inovasi dan kreativitas dalam aplikasi nirkabel digital.
Sejak tahun 2006,
Indosat Ooredoo telah mendorong dan mendidik generasi muda untuk berinovasi di
bidang aplikasi digital nirkabel dan untuk mempromosikan dan mengembangkan
inovasi ini menjadi bisnis yang sukses dan menjanjikan.
Indosat Ooredoo
mempunyai tujuan untuk membuat perkumpulan startup digital dan pencipta konten
serta bertujuan untuk membina generasi muda sebagai technopreneurs pada masa
yang akan datang.
Tahun ini, IWIC 10
memperluas kompetisi dalam skala global, memberikan kesempatan bagi pengusaha
muda Indonesia untuk bersaing dengan para pengusaha muda yang berbakat dari
negara lain. Demi membawa Digital Nation Indonesia ke kelas dunia.
Tahun ini, IWIC
menerima 3.592 peserta dan meningkat dari 2015, yang tingkat partisipasi 3.173
peserta. Peningkatan ini tumbuh secara signifikan dari tahun 2014 dan 2013
dengan jumlah 1.738 dan 667 peserta.
Sebanyak 10.703
ide diterima selama 10 tahun.
Tech in Asia Conference - Tokyo, Jepang
Tech in Asia
Conference adalah konferensi teknologi internasional yang diisi pembicara mulai
dari tokoh lokal sampai global. Mereka yang tergabung dalam komunitas-komunitas
teknologi internasional turut serta menyambut wajah-wajah baru dan ide-ide
segar ke dalam dunia teknologi dan start up.
Sebagai sponsor
Tech in Asia Conference, IWIC 10 berupaya menjalin relasi dengan
peserta-peserta internasional demi meningkatkan kompetisi ke tingkat global.
Ini akan menjadi roadshow internasional bagi IWIC dan memiliki kesempatan untuk
mengetahui lebih dulu seputar tren teknologi terbaru, info seputar perusahaan,
bertemu dan berbaur dengan 2.000 start up internasional, investor, korporat,
developer, dan banyak lagi.
Kegiatan IWIC 10:
·
Sosialisasi tentang IWIC 10
·
Mengundang para peserta internasional untuk ambil bagian dalam
IWIC 10
·
Sosialisasi tentang Ideabox
·
Pemenang IWIC terdahulu untuk menampilkan aplikasi dan kisah
sukses mereka
·
Media komunikasi sosial
·
Akses ke semua 5 tahapan konten dalam konferensi dan mendapatkan
insight berharga dari industri secara spesifik
Manfaat bagi
pemenang IWIC:
·
Mempunyai pengalaman dalam acara global
·
Mengadakan pameran startup dan aplikasi di depan 1.500 penggemar
teknologi. Mendapat kesempatan tinggi untuk mendapatkan perhatian global
·
Bertemu dan menjalin relasi dengan investor. Start-up Investor
Speed Dating adalah cara terbaik untuk mendapatkan kesempatan memenangkan
pendanaan melalui pitching ke 70 investor yang berpartisipasi
Indosat Ooredoo -
bekerjasama dengan BEI - mengambil bagian dalam upaya meningkatkan kesadaran
bagi generasi muda Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal, yang pada
akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.
Melalui ISTC, Indonesia
memiliki generasi muda yang siap menjadi investor berkualitas di pasar modal.
Program Relawan karyawan
Tujuan dari
program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui
kontribusi langsung para karyawan Indosat Ooredoo dengan berinteraksi,
mengajar, dan memperbaiki atau memperbaiki fasilitas sekolah.
Program Relawan
karyawan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menjadi relawan satu hari
yang berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas sekolah.
Tahun ini Program Relawan Karyawan sudah dilakukan tiga kali.
Program ini
dilaksanakan di lima daerah wilayah operasional.
Kegiatan program
adalah seperti:
·
Kelas Inspirasi (Di area renovasi sekolah)
·
Donasi Buku
·
Renovasi
·
Belajar dengan Virtual Reality
Sebanyak 450 berpartisipasi
dalam program ini.
Sumber
:






Komentar
Posting Komentar