Membuat Company Profile yang Menarik

Apa itu Company Profile?

Company profile merupakan salah satu cara perusahaan untuk memperkenalkan perusahaannya secara professional, biasanya berisi identitas perusahaan secara umum dan produk yang dijual dengan tujuan menarik minat pembacanya.

Company profile merupakan salah satu cara yang cukup menarik untuk memberi tahu orang di luar bahwa perusahaan Anda sudah berjalan. Artinya Anda harus bisa membuat company profile sedemikian rupa sehingga hanya dalam beberapa halaman atau slide saja orang sudah paham bisnis yang Anda jalankan.

Company profile yang baik haruslah berisi mengenai siapa Anda (perusahaanmu), sejarah perusahaan, visi misi dan nilai perusahaan (terkadang perlu dicantumkan), hingga seputar produk dan layanan yang dibuat oleh perusahaan Anda.

Semakin panjang company profile tentu akan membuat Anda bisa berkreasi serta memasukkan lebih banyak informasi. Mungkin Anda berpikir dengan membuat company profile yang cukup panjang maka orang-orang akan tertarik dengan perusahaan dan produk yang Anda jual.

Sayangnya kenyataannya tidak demikian, karena company profile yang panjang tidak berarti company profile yang baik. Meski informasinya lebih banyak tentu ada kemungkinan pembaca akan bosan di tengah-tengah membaca dan memutuskan untuk tidak membaca lebih jauh.

Fungsi Company Profile

Sebuah perusahaan yang benar-benar serius dengan usaha yang mereka jalankan pasti akan membuat compro dengan sebaik-baiknya.

Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan mereka dalam menjalankan usaha karena mereka mengetahui banyak fungsi dari compro yang akan membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Untuk memberikan Gambaran Umum mengenai Perusahaan

Company profile merupakan tempat dimana perusahaan berbagi cerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah berdirinya perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta tentu saja produk/jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat seperti milik salah satu website pendidikan pastiguna.com.

Sebagai Media Branding dan Publikasi

Company profile merupakan sumber media informasi bagi calon konsumen. Informasi yang ada didalamnya mampu menonjolkan perihal produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Isi dari company profile hendaknya dibuat berdasarkan sudut pandang para pembaca dan disesuaikan dengan target pasar.

Sebagai Alat Pemasaran

Sebuah company profile yang ditulis dengan baik mampu menarik perhatian target konsumen sehingga mereka mau mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Fungsi company profile sebagai alat pemasaran juga diperkuat dengan kemampuannya untuk meningkatkan nilai positif dari perusahaan tersebut bila dibandingkan dengan kompetitornya dengan cara memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Untuk bisa memenuhi semua fungsi tersebut, maka desain company profile yang keren menjadi sebuah keharusan, terlepas dari apakah company profile tersebut hadir dalam bentuk cetak berupa buku atau brosur, ataupun bentuk digital pada website perusahaan.

Tips Penting dalam Membuat Company Profile

Membuat company profile itu mudah loh, kalau Anda membaca tips jitu yang kami buat di bawah ini. Meski tidak ada patokan baku yang bisa digunakan, tapi percaya ‘deh’ kalau tips-tips ini bisa meningkatkan nilai jual perusahaan Anda.

Buat company profile ‘sesederhana’ mungkin. Sederhana yang kami tuliskan disini bukan berarti membuat company profile dengan font Times New Roman ukuran 12, berwarna hitam dan berlatar belakang putih.

Justru Anda bisa membuat company profile sekreatif mungkin sesuai dengan tim yang Anda punya, tentu menjadi keuntungan bila di dalam tim yang Anda miliki terdapat orang yang jago mendesain sesuatu.

Meski demikian tetap ingat bahwa buatlah company profile sesederhana namun sepadat mungkin. Intinya Anda wajib bisa memasukkan sebanyak-banyaknya informasi penting mengenai perusahaanmu ke dalam company profile namun tanpa membuatnya terlihat membosankan.

Artinya dibutuhkan seorang copywriter dan desainer yang handal dalam membuat company profile perusahaan Anda ini. Kalau tidak ada? Belajar saja, toh banyak video-video tutorial nya di Youtube.

Menentukan target pasar dengan benar. Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yang membuat company profile adalah tidak menentukan target pasar mereka dengan benar. Hal ini tentu membuat isi yang ditulis di dalamnya menjadi tidak relevan terhadap para pembaca.

Anda yang memiliki target pasar anak muda misalnya, tentu bisa menyesuaikan desain dan konten dari company profile yang Anda punya agar lebih berwarna, lebih simpel, dan menggunakan banyak gambar misalnya.

Sementara Anda yang memiliki target pasar orang-orang tua hingga lanjut usia misalnya, bisa pula menyesuaikan desain dari company profile yang Anda punya agar lebih ‘padat’ dengan tulisan dan informasi, namun tetap terbaca dengan baik.

Platform yang tepat adalah kunci. Setelah bisa membuat desain dan konten company profile yang sesuai dengan target pasar, tips dari suksesnya company profile adalah platform bermain yang tepat.

Di era informatika macam sekarang ini misalnya, tentu tidak tepat apabila Anda masih membuat company profile cetak dan disebarkan manual secara luas. Tentu Anda yang menyasar target anak muda malah akan kehilangan mereka, karena anak muda cenderung menyukai informasi yang didapat dari gadget-gadget mereka.

Sementara Anda yang memiliki target pasar lansia misalnya, tentu tidak tepat pula bila justru memutuskan untuk membuat company profile secara online saja misalnya. Tentu para lansia yang jarang bermain gadget tidak akan terpapar dengan company profile Anda.

Tips mudah untuk mengakali beberapa permasalahan ini adalah dengan membuat company profile sekaligus di banyak platform. Proporsinya tinggal Anda sesuaikan dengan target pasar yang Anda punya, perbanyak proporsi platform dimana target pasar Anda ada disana.

Value terkadang menjual lebih. Banyak yang beranggapan nilai, visi, dan misi merupakan hal yang tidak terlalu penting di dalam pembuatan company profile. Tapi tahukah Anda bahwa kenyataannya justru terbalik.

Karena ternyata ada banyak konsumen yang justru terpikat terhadap suatu produk karena kesamaan nilai serta visi dan misi. Banyak orang yang memutuskan untuk memakai suatu brand dibanding brand lain hanya karena kesamaan nilai.

Bisa dibilang di bagian value serta visi dan misi, jangan hanya membuatnya tampak seolah perusahaan Anda merupakan perusahaan yang tanpa cacat dan selalu memiliki attitude positif. Namun buatlah agar perusahaan Anda benar-benar menjadi perusahaan yang demikian.

Tips lain terkait value dan konten adalah membuat company profile dengan banyak kalimat-kalimat positif. Cara ini merupakan salah satu cara marketing yang bisa kau terapkan di dalam pembuatan company profile yang Anda punya loh.

Kreativitas memang mahal. Banyak di luaran sana perusahaan-perusahaan yang mendambakan memiliki image brand yang baik, dengan produk ciamik serta company profile yang memanjakan mata, namun enggan mengeluarkan uang lebih.

Percayalah bahwa desain-desain produk dan company profile yang seliweran di internet, yang tampak memanjakan mata merupakan buah-buah tangan dari desainer grafis yang dibayar cukup mahal.

Kalau mengutip istilah zaman dulu sih ‘ada uang ada barang’. Jadi jangan pelit-pelit untuk menganggarkan sejumlah uang yang cukup besar untuk proses kreatif yang nantinya bakal bermanfaat untuk perusahaan Anda sendiri ini loh.

Informasi dasar wajib dimasukkan. Sebagai salah satu fungsi utama dari pembuatan company profile, informasi dasar merupakan informasi yang harus Anda masukkan ke dalam company profile yang Anda punya.

Selain itu tips penting dari kami yang harus Anda ingat adalah bahwa semakin transparan semakin menarik. Misalnya Anda yang berani menyajikan data-data berupa angka penjualan lengkap dengan keuntungan dan keuangan lainnya, tentu akan menambah nilai dari company profile tersebut.

Update update dan update. Seiring dengan berjalannya perusahaan yang Anda dirikan, tentu akan ada banyak perubahan di sana dan di sini. Hal ini tentu saja bisa membuat company profile yang sebelumnya Anda buat menjadi tidak relevan lagi.

Disinilah fungsi update akan bisa bermanfaat. Dengan rajin-rajin memperbarui company profile, tentu akan mengurangi rasa heran orang apabila ada misinformasi yang masih tercantum di dalamnya.

Langkah Mudah Membuat Company Profile yang Menarik          

Berhubung mungkin ada banyak diantara Anda yang masih asing dengan pembuatan company profile, ada baiknya mencoba membuat langkah-langkah mudah dalam membuat company profile yang menarik.

1. Buatlah Profil Perusahaan Secara Singkat, Padat dan Jelas

Menjelaskan mengenai produk perusahaan akan lebih baik jika menggunakan cara yang efektif dan efisien. Dengan begitu tidak banyak membuang waktu dan target pasar jadi lebih fokus mengetahui informasi yang ingin disampaikan. Jadi dalam pembuatan comprof harus singkat, padat dan jelas. Ketika membuat comprof dalam bentuk teks cukup dua halaman kertas folio saja jangan lebih. Pembaca sangat jarang yang membaca profil perusahaan secara keseluruhan akan tetapi hanya dibaca secara sekilas saja. Kalau Anda membuatnya dalam bentuk video maka buatlah dengan durasi yang pendek agar penonton tidak jenuh.

2. Langsung ke Pokok Persoalan

Dalam membuat company perusahaan tidak perlu bertele-tele dan banyak basa basi. Langsung saja tuliskan pokok persoalan dari informasi perusahaan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Tujuannya supaya pembaca bisa langsung menangkap isi dari comprof yang Anda buat. Dalam membuatnya Anda bisa coba dengan memilih gambar yang paling menarik dari stok yang ada. Pilih juga kata-kata yang paling dibutuhkan dan sangat penting diketahui oleh pembaca. Untuk setiap headline diberi tulisan yang lebih tebal atau beda warna. Buatlah headline yang menarik dari setiap informasi yang ingin dibuat.

3. Gunakan Data yang Akurat

Data yang tertuang dalam comprof harus terjamin keakuratannya. Hal ini sangat penting karena data yang akurat akan menambah kepercayaan pembaca terhadap perusahaan Anda. Dari informasi brosur comprof yang Anda buat terkadang pembaca langsung konfirmasi terkait informasi yang tertuang dalam brosur comprof. Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki perusahaan buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Meskipun niat Anda untuk menarik pembaca agar menggunakan produk atau jasa perusahaan tapi kejujuran tetap harus diutamakan. Hal ini berguna menjaga kepercayaan pembaca untuk efek jangka panjang.

4. Informasikan Data yang Ter-Update

Informasi yang Anda sajikan juga sebaiknya yang up to date. Misalnya saja Anda menawarkan sebuah promo potongan harga sampai 50% di bulan ini. Maka promo tersebut harus ada ketika brosur disebarkan. Jangan sebarkan brosur kalau ternyata promonya sudah terlewat karena hanya akan mengecewakan pembaca. Supaya comprof yang Anda buat selalu up to date maka bisa diatur cara pembuatannya. Anda bisa coba membuatnya enam bulan sekali atau jika ada perubahan informasi penting dalam perusahaan langsung ganti brosur yang lama. Agar lebih jelas, sertakan juga up date info perusahaan terkini bisa langsung hubungi kontak yang tertera.

5. Sajikan Company Profile dengan Cara yang Kreatif

Pembuatan comprof yang biasa saja tidak akan menarik pembaca untuk sekedar melihat atau membacanya. Biasanya kalau sajian comprof biasa saja cuma akan dibuang begitu saja. Sayang sekali bukan kalau brosur yang dibuat hanya untuk dibuang di tempat sampah. Agar citra perusahaan baik dan bisa memberikan kesan profesional maka Anda bisa membuat comprof yang kreatif. Mulai dari pemilihan Bahasa, gunakanlah Bahasa yang verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima pembaca.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi PT Indosat, Tbk

Pygame

ARTIKEL MENGENAI K-POP