Membuat Company Profile yang Menarik
Apa itu Company Profile?
Company profile merupakan salah satu cara
perusahaan untuk memperkenalkan perusahaannya secara professional, biasanya
berisi identitas perusahaan secara umum dan produk yang dijual dengan tujuan
menarik minat pembacanya.
Company profile merupakan salah satu cara
yang cukup menarik untuk memberi tahu orang di luar bahwa perusahaan Anda sudah
berjalan. Artinya Anda harus bisa membuat company profile sedemikian rupa
sehingga hanya dalam beberapa halaman atau slide saja orang sudah
paham bisnis yang Anda jalankan.
Company profile yang baik haruslah berisi
mengenai siapa Anda (perusahaanmu), sejarah perusahaan, visi misi dan nilai
perusahaan (terkadang perlu dicantumkan), hingga seputar produk dan layanan
yang dibuat oleh perusahaan Anda.
Semakin panjang company profile tentu akan
membuat Anda bisa berkreasi serta memasukkan lebih banyak informasi. Mungkin
Anda berpikir dengan membuat company profile yang cukup panjang maka
orang-orang akan tertarik dengan perusahaan dan produk yang Anda jual.
Sayangnya kenyataannya tidak demikian,
karena company profile yang panjang tidak berarti company profile yang baik.
Meski informasinya lebih banyak tentu ada kemungkinan pembaca akan bosan di
tengah-tengah membaca dan memutuskan untuk tidak membaca lebih jauh.
Fungsi Company Profile
Sebuah perusahaan yang benar-benar serius
dengan usaha yang mereka jalankan pasti akan membuat compro dengan
sebaik-baiknya.
Hal ini merupakan salah satu bentuk
keseriusan mereka dalam menjalankan usaha karena mereka mengetahui banyak
fungsi dari compro yang akan membawa keuntungan tersendiri bagi
perusahaan tersebut.
Untuk memberikan Gambaran Umum mengenai Perusahaan
Company profile merupakan tempat dimana
perusahaan berbagi cerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah berdirinya
perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta tentu saja
produk/jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat seperti milik salah satu
website pendidikan pastiguna.com.
Sebagai Media Branding dan Publikasi
Company profile merupakan sumber media
informasi bagi calon konsumen. Informasi yang ada didalamnya mampu menonjolkan
perihal produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Isi dari company
profile hendaknya dibuat berdasarkan sudut pandang para pembaca dan disesuaikan
dengan target pasar.
Sebagai Alat Pemasaran
Sebuah company profile yang ditulis dengan baik mampu menarik perhatian target konsumen sehingga mereka mau mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis itu sendiri.Fungsi company profile sebagai alat
pemasaran juga diperkuat dengan kemampuannya untuk meningkatkan nilai positif
dari perusahaan tersebut bila dibandingkan dengan kompetitornya dengan cara
memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.
Untuk bisa memenuhi semua fungsi tersebut,
maka desain company profile yang keren menjadi sebuah keharusan, terlepas dari
apakah company profile tersebut hadir dalam bentuk cetak berupa buku atau
brosur, ataupun bentuk digital pada website
perusahaan.
Tips Penting dalam Membuat Company Profile
Membuat company profile itu mudah loh,
kalau Anda membaca tips jitu yang kami buat di bawah ini. Meski tidak ada
patokan baku yang bisa digunakan, tapi percaya ‘deh’ kalau tips-tips ini bisa
meningkatkan nilai jual perusahaan Anda.
Buat company profile ‘sesederhana’
mungkin. Sederhana yang kami tuliskan disini bukan berarti membuat company
profile dengan font Times New Roman ukuran 12, berwarna hitam dan berlatar
belakang putih.
Justru Anda bisa membuat company profile
sekreatif mungkin sesuai dengan tim yang Anda punya, tentu menjadi keuntungan
bila di dalam tim yang Anda miliki terdapat orang yang jago mendesain sesuatu.
Meski demikian tetap ingat bahwa buatlah
company profile sesederhana namun sepadat mungkin. Intinya Anda wajib bisa
memasukkan sebanyak-banyaknya informasi penting mengenai perusahaanmu ke dalam
company profile namun tanpa membuatnya terlihat membosankan.
Artinya dibutuhkan seorang copywriter dan
desainer yang handal dalam membuat company profile perusahaan Anda ini. Kalau
tidak ada? Belajar saja, toh banyak video-video tutorial nya di Youtube.
Menentukan target pasar dengan benar. Kesalahan
yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yang membuat company profile adalah
tidak menentukan target pasar mereka dengan benar. Hal ini tentu membuat isi
yang ditulis di dalamnya menjadi tidak relevan terhadap para pembaca.
Anda yang memiliki target pasar anak muda
misalnya, tentu bisa menyesuaikan desain dan konten dari company profile yang
Anda punya agar lebih berwarna, lebih simpel, dan menggunakan banyak gambar
misalnya.
Sementara Anda yang memiliki target pasar
orang-orang tua hingga lanjut usia misalnya, bisa pula menyesuaikan desain dari
company profile yang Anda punya agar lebih ‘padat’ dengan tulisan dan
informasi, namun tetap terbaca dengan baik.
Platform yang tepat adalah kunci. Setelah
bisa membuat desain dan konten company profile yang sesuai dengan target pasar,
tips dari suksesnya company profile adalah platform bermain yang tepat.
Di era informatika macam sekarang ini
misalnya, tentu tidak tepat apabila Anda masih membuat company profile cetak
dan disebarkan manual secara luas. Tentu Anda yang menyasar target anak muda
malah akan kehilangan mereka, karena anak muda cenderung menyukai informasi
yang didapat dari gadget-gadget mereka.
Sementara Anda yang memiliki target pasar
lansia misalnya, tentu tidak tepat pula bila justru memutuskan untuk membuat
company profile secara online saja misalnya. Tentu para lansia yang jarang
bermain gadget tidak akan terpapar dengan company profile Anda.
Tips mudah untuk mengakali beberapa
permasalahan ini adalah dengan membuat company profile sekaligus di banyak
platform. Proporsinya tinggal Anda sesuaikan dengan target pasar yang Anda
punya, perbanyak proporsi platform dimana target pasar Anda ada disana.
Value terkadang menjual lebih. Banyak yang
beranggapan nilai, visi, dan misi merupakan hal yang tidak terlalu penting di
dalam pembuatan company profile. Tapi tahukah Anda bahwa kenyataannya justru
terbalik.
Karena ternyata ada banyak konsumen yang
justru terpikat terhadap suatu produk karena kesamaan nilai serta visi dan
misi. Banyak orang yang memutuskan untuk memakai suatu brand dibanding brand lain
hanya karena kesamaan nilai.
Bisa dibilang di bagian value serta
visi dan misi, jangan hanya membuatnya tampak seolah perusahaan Anda merupakan
perusahaan yang tanpa cacat dan selalu memiliki attitude positif.
Namun buatlah agar perusahaan Anda benar-benar menjadi perusahaan yang
demikian.
Tips lain terkait value dan
konten adalah membuat company profile dengan banyak kalimat-kalimat
positif. Cara ini merupakan salah satu cara marketing yang bisa kau terapkan di
dalam pembuatan company profile yang Anda punya loh.
Kreativitas memang mahal. Banyak di luaran
sana perusahaan-perusahaan yang mendambakan memiliki image brand yang
baik, dengan produk ciamik serta company profile yang memanjakan mata, namun
enggan mengeluarkan uang lebih.
Percayalah bahwa desain-desain produk dan
company profile yang seliweran di internet, yang tampak memanjakan mata
merupakan buah-buah tangan dari desainer grafis yang dibayar cukup mahal.
Kalau mengutip istilah zaman dulu sih ‘ada
uang ada barang’. Jadi jangan pelit-pelit untuk menganggarkan sejumlah uang
yang cukup besar untuk proses kreatif yang nantinya bakal bermanfaat untuk
perusahaan Anda sendiri ini loh.
Informasi dasar wajib dimasukkan. Sebagai
salah satu fungsi utama dari pembuatan company profile, informasi dasar
merupakan informasi yang harus Anda masukkan ke dalam company profile yang Anda
punya.
Selain itu tips penting dari kami yang
harus Anda ingat adalah bahwa semakin transparan semakin menarik. Misalnya
Anda yang berani menyajikan data-data berupa angka penjualan lengkap dengan
keuntungan dan keuangan lainnya, tentu akan menambah nilai dari company profile
tersebut.
Update update dan update. Seiring
dengan berjalannya perusahaan yang Anda dirikan, tentu akan ada banyak
perubahan di sana dan di sini. Hal ini tentu saja bisa membuat company profile
yang sebelumnya Anda buat menjadi tidak relevan lagi.
Disinilah fungsi update akan bisa
bermanfaat. Dengan rajin-rajin memperbarui company profile, tentu akan
mengurangi rasa heran orang apabila ada misinformasi yang masih tercantum di
dalamnya.
Langkah Mudah Membuat Company Profile yang Menarik
Berhubung mungkin ada banyak diantara Anda
yang masih asing dengan pembuatan company profile, ada baiknya mencoba membuat
langkah-langkah mudah dalam membuat company profile yang menarik.
1. Buatlah Profil Perusahaan Secara Singkat, Padat dan Jelas
Menjelaskan mengenai produk perusahaan akan
lebih baik jika menggunakan cara yang efektif dan efisien. Dengan begitu tidak
banyak membuang waktu dan target pasar jadi lebih fokus mengetahui informasi
yang ingin disampaikan. Jadi dalam pembuatan comprof harus singkat, padat dan
jelas. Ketika membuat comprof dalam bentuk teks cukup dua halaman kertas folio
saja jangan lebih. Pembaca sangat jarang yang membaca profil perusahaan secara
keseluruhan akan tetapi hanya dibaca secara sekilas saja. Kalau Anda membuatnya
dalam bentuk video maka buatlah dengan durasi yang pendek agar penonton tidak
jenuh.
2. Langsung ke Pokok Persoalan
Dalam membuat company perusahaan tidak
perlu bertele-tele dan banyak basa basi. Langsung saja tuliskan pokok persoalan
dari informasi perusahaan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Tujuannya supaya
pembaca bisa langsung menangkap isi dari comprof yang Anda buat. Dalam
membuatnya Anda bisa coba dengan memilih gambar yang paling menarik dari stok
yang ada. Pilih juga kata-kata yang paling dibutuhkan dan sangat penting
diketahui oleh pembaca. Untuk setiap headline diberi tulisan yang lebih tebal
atau beda warna. Buatlah headline yang menarik dari setiap informasi yang ingin
dibuat.
3. Gunakan Data yang Akurat
Data yang tertuang dalam comprof harus
terjamin keakuratannya. Hal ini sangat penting karena data yang akurat akan
menambah kepercayaan pembaca terhadap perusahaan Anda. Dari informasi brosur
comprof yang Anda buat terkadang pembaca langsung konfirmasi terkait informasi
yang tertuang dalam brosur comprof. Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki
perusahaan buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Meskipun niat Anda
untuk menarik pembaca agar menggunakan produk atau jasa perusahaan tapi
kejujuran tetap harus diutamakan. Hal ini berguna menjaga kepercayaan pembaca
untuk efek jangka panjang.
4. Informasikan Data yang Ter-Update
Informasi yang Anda sajikan juga sebaiknya
yang up to date. Misalnya saja Anda menawarkan sebuah promo potongan harga
sampai 50% di bulan ini. Maka promo tersebut harus ada ketika brosur
disebarkan. Jangan sebarkan brosur kalau ternyata promonya sudah terlewat
karena hanya akan mengecewakan pembaca. Supaya comprof yang Anda buat selalu up
to date maka bisa diatur cara pembuatannya. Anda bisa coba membuatnya enam
bulan sekali atau jika ada perubahan informasi penting dalam perusahaan
langsung ganti brosur yang lama. Agar lebih jelas, sertakan juga up date info
perusahaan terkini bisa langsung hubungi kontak yang tertera.
5. Sajikan Company Profile dengan Cara yang Kreatif
Pembuatan comprof yang biasa saja tidak
akan menarik pembaca untuk sekedar melihat atau membacanya. Biasanya kalau
sajian comprof biasa saja cuma akan dibuang begitu saja. Sayang sekali bukan
kalau brosur yang dibuat hanya untuk dibuang di tempat sampah. Agar citra
perusahaan baik dan bisa memberikan kesan profesional maka Anda bisa membuat
comprof yang kreatif. Mulai dari pemilihan Bahasa, gunakanlah Bahasa yang
verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan
kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima pembaca.
Komentar
Posting Komentar